Sedikit upaya untuk membuat shortlist urutan groupset, berdasarkan harga dan level, yang dilakukan dengan market assesment cepat melalui online e-commerce dalam(Indonesia) dan luar negeri.
Saya buat gambaran sedikit.
Pada umumnya sepeda yang dijual di market menggunakan groupset basic, entry dan mid range.
Setelah itu baru ada sedikit enthusiast.
Sedangkan untuk Race dan Pro, ini biasa yang digunakan para atlit.
Roadbike GroupSet rank dari paling atas:
DuraAce > Ultegra>105>Tiagra>Sora>Claris
MTB/gravel GroupSet dari paling atas
XTR>XT>SLX>Deore>Alivio>Acera>Altus>Tourney
XX1>X1>X9>X7>X5>X4>X3
Kenapa harganya bisa jauh terpaut, ini selalu masalah bobot, semakin mahal semakin ringan, tapi kekuatan nya sama, jadi material nya yang berbeda, untuk ukuran akan mirip-mirip, maksud ukuran disini adalah jumlah gigi chainring dan sprocket.
Penghematan bobot atau ringan dilakukan dengan cara menggunakan material yang lebih baik, contoh, dari chromoly steel, ke alloy, ke carbon fibre. Dari material saja sudah terpaut jauh harga dasarnya. Pada umumnya groupset high end akan selalu hampir seluruhnya carbon, termasuk baut-bautnya, ini yang membuat harga nya sangat tinggi.
Sedikit dijelaskan tabel diatas,
- Young modules atau modulus elastisitas mudahnya adalah ke kakuan.
- Yield strength adalah kemampuan suatu material di berikan beban dan kembali ke bentuk semula.
- Tensile adalah batasan, misal besi kita buat sampai bengkok, berarti sudah melebih tensile.
- Elongation adalah persentase bisa mulur sampai berapa ketika di tarik sebelum putus.
- Densitas mudah itu kepadatan material.
Sedangkan untuk frame ada stainless steel dan titanium yang bobotnya diantara chromoly dan carbon.
Titanium masih tetap lebih berat dari carbon, tetapi lebih enteng dari stainless steel, dengan kekuatan mechanical properties setara atau lebih dari stainless steel. Titanium dan stainless cukup populer di sepeda gravel, tapi tidak di roadbike, roadbike akan dominan carbon fibre. Carbon fibre ini cukup kuat, tapi tidak terlalu kuat atas beban impact, makanya MTB, hanya beberapa manufacturer yang berani membuat frame MTB dari carbon fibre. Sudah banyak kejadian frame MTB terbelah saat jumping atau landed di bike park.
Tapi namanya sepeda, weight adalah faktor yang sangat penting, kenapa? karena saat bersepeda kita dihitung Calorie = Joule / second = Newton meter / second = kg m/s2 meter / second
Ada satuan kg diatas, berarti semakin kecil kg yang kita punya (termasuk berat badan) semakin kecil kalori yang kita bakar, jadi kita bisa bersepeda lebih jauh atau lebih cepat.
Dari tabel dibawah menunjukkan bahwa tiap naik "tingkat" crank "saja" ada selisih 100gram, ya hanya 100gram, tapi ini sangat berpengaruh. Bila lompatannya 2 tingkat dari crank saja, kita bisa saving berat >200gram. Bayangkan crank yang kaki anda berikan torsi, kekuatan sama, tapi 200gram lebih enteng, kita mengayuh pedal bisa ribuan atau ratusan ribu kali, jadi jangan remehkan selisih tipis disini.
Data bobot crank groupset road bike, 11sp, 10sp, 9sp.
Data bobot crank MTB 12 dan 11 sp (dibawah 11 sp terlalu banyak)
bacaan lain tentang sepeda
Cara mengurangi bobot sepeda MTB https://www.27augusta.web.id/2023/11/polygon-heist-x2-diet-bobot-sepeda.html
cara mengurangi bobot roadbike https://www.27augusta.web.id/2024/01/ide-buat-ngurangin-bobot-sepeda-road.html
ukuran ban sepeda https://www.27augusta.web.id/2024/04/macam-macam-ukuran-ban-sepeda-2024.html
heist ganti RD https://www.27augusta.web.id/2024/01/modifikasi-polygon-heist-rear.html
Grandfondo itu 100km ride satu kali jalan https://www.27augusta.web.id/2023/11/grand-fondo-november-2023.html
Ganti crank untuk meningkatkan avg https://www.27augusta.web.id/2022/06/cara-naik-in-average-speed-sepeda-kalau.html
Komentar
Posting Komentar