Langsung ke konten utama

Pengelompokkan Groupset Sepeda Roadbike dan MTB, Gravel-GRX

 

May 2024

Sedikit upaya untuk membuat shortlist urutan groupset, berdasarkan harga dan level, yang dilakukan dengan market assesment cepat melalui online e-commerce dalam(Indonesia) dan luar negeri.

Saya buat gambaran sedikit.

Pada umumnya sepeda yang dijual di market menggunakan groupset basic, entry dan mid range.

Setelah itu baru ada sedikit enthusiast.

Sedangkan untuk Race dan Pro, ini biasa yang digunakan para atlit.

Roadbike GroupSet rank dari paling atas:

Shimano
DuraAce > Ultegra>105>Tiagra>Sora>Claris

SRAM
Red>Force>Rival>Apex

MTB/gravel GroupSet dari paling atas 

Shimano
XTR>XT>SLX>Deore>Alivio>Acera>Altus>Tourney

SRAM
XX1>X1>X9>X7>X5>X4>X3

Kenapa harganya bisa jauh terpaut, ini selalu masalah bobot, semakin mahal semakin ringan, tapi kekuatan nya sama, jadi material nya yang berbeda, untuk ukuran akan mirip-mirip, maksud ukuran disini adalah jumlah gigi chainring dan sprocket.

Penghematan bobot atau ringan dilakukan dengan cara menggunakan material yang lebih baik, contoh, dari chromoly steel, ke alloy, ke carbon fibre. Dari material saja sudah terpaut jauh harga dasarnya. Pada umumnya groupset high end akan selalu hampir seluruhnya carbon, termasuk baut-bautnya, ini yang membuat harga nya sangat tinggi.



Sedikit dijelaskan tabel diatas, 
  • Young modules atau modulus elastisitas mudahnya adalah ke kakuan.
  • Yield strength adalah kemampuan suatu material di berikan beban dan kembali ke bentuk semula. 
  • Tensile adalah batasan, misal besi kita buat sampai bengkok, berarti sudah melebih tensile. 
  • Elongation adalah persentase bisa mulur sampai berapa ketika di tarik sebelum putus.
  • Densitas mudah itu kepadatan material.


Sedangkan untuk frame ada stainless steel dan titanium yang bobotnya diantara chromoly dan carbon.

Titanium masih tetap lebih berat dari carbon, tetapi lebih enteng dari stainless steel, dengan kekuatan mechanical properties setara atau lebih dari stainless steel. Titanium dan stainless cukup populer di sepeda gravel, tapi tidak di roadbike, roadbike akan dominan carbon fibre. Carbon fibre ini cukup kuat, tapi tidak terlalu kuat atas beban impact, makanya MTB, hanya beberapa manufacturer yang berani membuat frame MTB dari carbon fibre. Sudah banyak kejadian frame MTB terbelah saat jumping atau landed di bike park.

Tapi namanya sepeda, weight adalah faktor yang sangat penting, kenapa? karena saat bersepeda kita dihitung Calorie = Joule / second = Newton meter / second = kg m/s2 meter / second

Ada satuan kg diatas, berarti semakin kecil kg yang kita punya (termasuk berat badan) semakin kecil kalori yang kita bakar, jadi kita bisa bersepeda lebih jauh atau lebih cepat.

Dari tabel dibawah menunjukkan bahwa tiap naik "tingkat" crank "saja" ada selisih 100gram, ya hanya 100gram, tapi ini sangat berpengaruh. Bila lompatannya 2 tingkat dari crank saja, kita bisa saving berat >200gram. Bayangkan crank yang kaki anda berikan torsi, kekuatan sama, tapi 200gram lebih enteng, kita mengayuh pedal bisa ribuan atau ratusan ribu kali, jadi jangan remehkan selisih tipis disini.


Kira-kira dari penjelasan diatas, sudah kebayang kenapa groupset high end sangat mahal? dapat kan ya penjelasan teknikal nya?, bukan gaya-gaya an ya. Toh pada akhirnya yang jadi parameter performa pesepeda adalah average speed atau distance travel in one ride.

Data bobot crank groupset road bike, 11sp, 10sp, 9sp.



Data bobot crank MTB 12 dan 11 sp (dibawah 11 sp terlalu banyak)





bacaan lain tentang sepeda

Cara mengurangi bobot sepeda MTB https://www.27augusta.web.id/2023/11/polygon-heist-x2-diet-bobot-sepeda.html

cara mengurangi bobot roadbike https://www.27augusta.web.id/2024/01/ide-buat-ngurangin-bobot-sepeda-road.html

ukuran ban sepeda https://www.27augusta.web.id/2024/04/macam-macam-ukuran-ban-sepeda-2024.html

heist ganti RD https://www.27augusta.web.id/2024/01/modifikasi-polygon-heist-rear.html

Grandfondo itu 100km ride satu kali jalan https://www.27augusta.web.id/2023/11/grand-fondo-november-2023.html

Ganti crank untuk meningkatkan avg https://www.27augusta.web.id/2022/06/cara-naik-in-average-speed-sepeda-kalau.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahap 2 of 2 Submit Dokumen Bikin Akte Lahir dan KK update , Disdukcapil Tangerang Selatan, Tanpa Perlu RT RW Kelurahan Kecamatan

22 Januari 2019 Lanjutan dari post  http://www.27augusta.com/2019/01/tahap-1-of-2-bikin-akte-lahir-anak.html Datang ke disdukcapil Tangerang Selatan, keluar tol BSD, perempatan giant, belok kiri, kiri lagi. Jam 9.00 saya sampai, antrian untuk ngambil nomor antrian panjang ada sekitar 10orang. Modal daftar online tulisannya antrian nomor-4, tidak berlaku, sesuai kedatangan dan ambil nomor antrian lagi. Tanya ke meja informasi LUAR di kiri harus antri ambil nomor antrian walaupun pendaftaran online, kayaknya karena sudah banyak yang tahu dan pakai fasilitas online ini. Okelah Tibalah saya dapat nomor antrian, bilang akte lahir daftar online , dapat nomor antrian B018 Loket 2, antrian yang belum di panggil 15 lagi, berarti baru berjalan antrian B003. Waduh  LESSON LEARNED 1. Datang lebih pagi lagi kalau tidak mau antri lama, jam 7.30 sudah di lokasi Masuk kedalam, ke arah kiri, saya duduk menunggu di depan area loket 2. Jam 10.30 Akhirnya antrian B018 dipa...

Macam-macam ukuran ban sepeda 2024 reference Schwalbe

16 April 2024 Drop Bar & Hybrid Ban 700C RB Gravel Komuter Ban nya roadbike , tapi sepeda komuter dan sepeda gravel juga Pada umumnya ban 700c yang tipis dan slick (tanpa pola) bagus untuk kecepatan di jalan yang mulus. Ukuran 23mm, 25mm , 32mm biasa terpakai di roadbike, saya sendiri menggunakan 28mm karena jalanan Indonesia tidak terlalu mulus, dari pengalaman jarang bocor karena ban lebih tebal daripada 23mm (pure roadbike).  

Cara Naik-in Average Speed Sepeda Kalau sudah Rasa ke-Entengan

Polygon Siskiu D7 saya sempat di modif pakai chain ring 32t dan sproket belakang 11-36t Untuk average speed dengan kombinasi seperti ini hanya dapat kisaran 10-12km/h (ya orang nya juga sambil jalan juga menaik kan kekuatan fisik) Nahhhh Karena ingat aslinya siskiu D7 old pakai chain ring dual speed (36t & 22t), sproket belakang 11-36t. Akhirnya saya putuskan mengembalikan dia ke fitrahnya. Alhasil average speed saya naik 2-4km/h, lumayann. Kok bisa? saya bandingkan dengan trek yang sama persis dan kondisi cuaca hampir sama, jam juga mirip2 lah.

Tujuan Manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan Ridho Allah semata

7 Apr 2025 Pernah ada fasa memikirkan apa guna nya hidup di umur kepala 2x, kalau dulu s.d masa kuliah masih no clue, ya banyak impian apalagi hasil tontonan film 90an s.d 2000, hidup menarik sekali, jadi superhero, jadi kaya, bisa beli mainan apa saja. Banyak kegiatan menantang yg bisa di coba, tiap hari bangun punya drive baru untuk dilakukan, punya target baru yg harus dikejar. Semakin tua banyak impian yg bisa, tidak bisa dan ada yg mustahil dicapai, apalagi dari kecil terbiasa result driven, kalau nda dapat apa2 buat apa berusaha. Sulit sekali nanti hanya utk sekedar bangun tidur hari itu saja sudah tidak ada drive apa2 lagi. Nanti ada masa nya, semua drive atau tujuan dunia tidak memenuhi dahaga lagi, disini lah peran agama, ya yg idealnya harus di pupuk sedari kecil, tapi tidak ada kata terlambat, kapan pun kita mulai mendekat ke agama itu memang waktu yg terbaik dan memang Allah yg memberikan hidayahnya. Sekarang ambisi dan agresifitas sudah berkurang di diri saya, kondisi seka...

[JUAL] KYT Alpha Venom Special Edition Doni Tata Pradita #7

28-Feb-2018 Helm yang saya beli dari tahun 2014, cukup awet, dulu dipakai harian dari Fatmawati ke daerah Megakuningan. Tahun itu pilihan helm lokal tidak terlalu banyak, dan KYT Alpha Venom ini salah satu pioner double visor. Kenapa saya memilih double visor, karena terkadang saat pulang kerja ada beberapa jalan yang benar-benar menghadap ke barat, dimana matahari terbenam. Sila