Langsung ke konten utama

Definisi Continuous dan Prime Power di Diesel Engine menurut ISO 8528

 


Continuous Diesel Engine

Mengacu penjelasan diatas cukup jelas untuk continuous diesel engine adalah genset bisa di load atau di bebani 100% dari nameplatenya secara terus menerus, baik di durasi panjang atau pendek, dan tidak ada masalah untuk loading dari nol ke 100%, dan dengan membebani secara maksimum terus menerus tidak mempengaruhi interval perawatan. cukup jelas

beli 100kW ya di bebani 100kW


Prime

Cukup kompleks menjelaskannya, jadi engine tipe ini adalah boleh di bebani terus menerus 24jam di beban 70% dari nameplate rating, misal 100kW, hanya boleh 70kW saja. Tapi engine prime ini juga di bolehkan di bebani s.d 100% atau 110% beban dengan durasi yang ditentukan oleh manufacturer

Sebagai contoh definisi dua manufacturer Cummins (USA), MTU (German) dan CATERPILLAR (USA)

Cummins : Prime Power is available for an unlimited number of hours per year in a variable load application. Variable load should not exceed a 70% average of the Prime Power rating during any operating period of 250 hours. The total operating time at 100% Prime Power shall not exceed 500 hours per year. A 10% overload capability is available for a period of 1 hour within a 12-hour period of operation. Total operating time at the 10% overload power shall not exceed 25 hours per year.

Cummins menyatakan bahwa, jika lebih dari 70% boleh asalkan tidak lebih dari 250jam tiap dipakai (atau sampai maintenance terdekat), dengan total tiap tahun tidak boleh lebih dari 500jam, boleh di overload 10% 1 jam tiap 12 jam period of run, bisa dibilang dalam sehari boleh 2x overload tidak lebih dari 2jam, tapi tidak boleh lebih 25jam setahun. Ini semua bisa di tarik datanya dari ECU engine, jadi jangan coba-coba untuk menutupi.

MTU: Prime-Rated Power (PRP)—A prime-rated generator set is available for an unlimited number of hours per year in a variable-load application, as long as the average load factor does not exceed 70 percent of the nameplate rating, unless the manufacturer allows a higher average load factor. This rating allows an overload capacity of 10 percent, but that additional capacity should not be used for more than one hour in every 12.

MTU tidak banyak mengatur durasi di atas 70%, tapi hanya ada overload jangan lebih dari 1 jam tiap 12 jam (sama dengan Cummins), bisa dibilang MTU cukup percaya diri untuk ketangguhan engine mereka, karena tidak banyak mensyaratkan apa-apa

CATERPILLAR : Unlimited hours of usage. Average varying load factor is 70%of the prime power rating. 10% overload available, but limited to 1 in 12hours and not to exceed 25 hours per year. to 10% overload is available in accordance with ISO8528, and time spent during operation above 70% load may affect the life to overhaul.

CAT cukup ringkas dalam definisi, tapi untuk overload hampir sama dengan Cummins dan MTU, dan ada kata-kata abu-abu untuk operation diatas 70%, ini cukup berbahaya, bisa saja digunakan untuk blaming user.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Pompa Air Booster Shimizu PS 135 E Otomatis Bermasalah & Cara Menangulangi nya

Pengunaan pompa air untuk Booster sering kali digunakan untuk rumah bertingkat. Biasanya pompa booster bekerja otomatis, bisa menggunakan pressure switch atau flow switch. Penggunaan pressure switch lebih banyak, karena lebih murah dan kebanyakan sudah merupakan fitur standar dari manufaktur pompa. Kali ini saya akan membagi pengalaman menggunakan Pompa Booster Shimizu PS-135 E menggunakan pressure switch. Pembelian pompa 11 April 2015 sudah cukup berumur 4tahun usianya. Problem yang biasa terjadi untuk pompa booster tipe pressure switch. 1. Pompa On-Off dengan jeda sangat pendek ketika keran di buka 1/4 atau setengah, bahasa lainnya cetak cetek, cetek cetek 2. Pompa On terus tidak pernah mati 3. Pompa tidak mau menyala Kita bahas satu persatu

[TERJUAL] Jual Helm Fulface Yamaha Merah Marun model INK Krypton / Kyt Ceviro

Jual Helm Yamaha Bawaan motor ane nih gan, Sudah Terjual foto2

Tujuan Manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah dan mengharapkan Ridho Allah semata

7 Apr 2025 Pernah ada fasa memikirkan apa guna nya hidup di umur kepala 2x, kalau dulu s.d masa kuliah masih no clue, ya banyak impian apalagi hasil tontonan film 90an s.d 2000, hidup menarik sekali, jadi superhero, jadi kaya, bisa beli mainan apa saja. Banyak kegiatan menantang yg bisa di coba, tiap hari bangun punya drive baru untuk dilakukan, punya target baru yg harus dikejar. Semakin tua banyak impian yg bisa, tidak bisa dan ada yg mustahil dicapai, apalagi dari kecil terbiasa result driven, kalau nda dapat apa2 buat apa berusaha. Sulit sekali nanti hanya utk sekedar bangun tidur hari itu saja sudah tidak ada drive apa2 lagi. Nanti ada masa nya, semua drive atau tujuan dunia tidak memenuhi dahaga lagi, disini lah peran agama, ya yg idealnya harus di pupuk sedari kecil, tapi tidak ada kata terlambat, kapan pun kita mulai mendekat ke agama itu memang waktu yg terbaik dan memang Allah yg memberikan hidayahnya. Sekarang ambisi dan agresifitas sudah berkurang di diri saya, kondisi seka...

Pengelompokkan Groupset Sepeda Roadbike dan MTB, Gravel-GRX

  May 2024 Sedikit upaya untuk membuat shortlist urutan groupset, berdasarkan harga dan level, yang dilakukan dengan market assesment cepat melalui online e-commerce dalam(Indonesia) dan luar negeri. Saya buat gambaran sedikit. Pada umumnya sepeda yang dijual di market menggunakan groupset basic, entry dan mid range. Setelah itu baru ada sedikit enthusiast. Sedangkan untuk Race dan Pro, ini biasa yang digunakan para atlit. Roadbike GroupSet rank dari paling atas: Shimano DuraAce > Ultegra>105>Tiagra>Sora>Claris SRAM Red>Force>Rival>Apex MTB/gravel GroupSet dari paling atas  Shimano XTR>XT>SLX>Deore>Alivio>Acera>Altus>Tourney SRAM XX1>X1>X9>X7>X5>X4>X3 Kenapa harganya bisa jauh terpaut, ini selalu masalah bobot, semakin mahal semakin ringan, tapi kekuatan nya sama, jadi material nya yang berbeda, untuk ukuran akan mirip-mirip, maksud ukuran disini adalah jumlah gigi chainring dan sprocket. Penghematan bobot atau rin...