Langsung ke konten utama

Yamaha Mio J ga bisa di starter, jangan buru-buru ganti Aki

 22 Oktober 2022

Yamaha Mio J 2014, dah mayan senior.

Tiba-tiba starter kadang bisa kadang enggak, pas panas lancar bisa starter.

Awalnya saya kira, ah ini sih aki, orang di pencet tombol starter cuma ngek ngek, ga jreng.

Iseng2 ukur voltase aki pake multimeter sanwa


Voltase aki pas mesin lagi nyala 13.7volt (normal lagi di cas berarti sama spul dan kiprok)
motor di matikan, tegangan aki masih di angka 12.7 - 13.2volt (normal juga)

Pencet starter, voltase drop sampai cuma 5V, dan recover lagi ke 12Volt setelah lepas tombol starter.

Wah ini sih kayaknya bukan aki.

Langsung cek bendik (relay) starter.
Fisik sih dah mulai karat2.

Daripada penasaran ke toko sparepart beli bendik starter, yang ori mahal 98rb, jadi beli aspira buat Honda(50rb) saya pastikan dulu bentuk soketnya, sama persis (Harga Balikpapan memang jauh lebih mahal dari Jabodetabek)

ini yang aspira buat honda soket sama aja ama buat yamaha mio J



Ini yang asli




Saya pasang dan so far jadi lancar starter, besok bakal saya verifikasi dengan coba ukur lagi voltase saat tombol starter di pencet, drop tetap ada harusnya tapi ga sampai cuma 5Volt


Berarti bendik sudah banyak pengotor di bagian kontakor nya, membuat hambatan besar yg mengambil semua tenaga aki.


Gambar diatas saya buatkan kira-kira arah arus seperti itu (yang bendik di sederhanakan), padahal aslinya, bendik punya kabel langsung dari aki yang cuma bisa tersambung kalau tombol starter ditekan. 


Kenapa kira2?

karena memperpendek jarak antara aki sebagai sumber utama tegangan besar ke dinamo start, dan memisahkan antara kabel arus besar dengan kabel arus kecil.

berikut skema lengkapnya


28 Oktober 2022
Tambahan saya juga mengganti brush / arang / carbon di dinamo starter

gambar dibawah tutup dinamo start yang ada arang / brush nya. yang kotak itu, dia yang bertugas menghantarkan voltase 12volt dan ampere besar, gesek ke shaft dinamo untuk berputar, jadi yang mempengaruhi adalah kerapatan kontak antara brush dan shaft yang akan menentukan besarnya torsi putar, kalau kurang kontak ya ngek ngek....

Gambar dibawah adalah set carbon brush untuk mio j kode part nya dimulai dengan 54P
saya kebetulan sempat salah beli 5TL untuk mio lama/jupiter/f1zr, nggak bisa. Karena dudukan brush di rumah dinamo nya lebih kecil, arang 54P atau mio J kecil. Jadi jangan salah beli.


Saya juga melakukan pengisian aki kering, ya walaupun AGM atau gell. saya coba isi dengan air aki (demin) bukan yang zuur ya.
karena sepertinya gell nya mulai kering jadi berkurang kemampuan menyimpan tegangan dan arus, seperti baterai basah tapi airnya kering, voltase mungkin terbaca 12V tapi ampere yang misal harusnya 3.5Ah malah sisa 1Ah, sekali pencet starter langsung habis.

Saya cek menggunakan multimeter sanwa, saat standby 12.3volt, saat starter di pencet drop ke 10volt, dan motor bisa di starter. So far aman.

Kesimpulan solusi
1. Ganti Bendik starter (30rb) (pengerjaan dilakukan sendiri)
2. Ganti Arang/Carbon/Brush dinamo start (10rb) + biaya pasang 30rb
3. Isi air aki (beli air aki 10rb) (pengerjaan dilakukan sendiri)

biaya 80rb

dibanding kalau ganti aki baru GS GTZ5 170rb, Yuasa YTZ5 200rb.

Akan dilaporkan perkembangannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman mengurus Visa Residensial untuk Keluarga ke Qatar, tahap awal sebelum QID

 29 May 2024 Tujuan saya menulis ini, supaya, saya sendiri yang pelupa ini, tidak lupa, maka saya tuliskan. Pengurusan visa residency untuk family / keluarga ke Qatar dari Indonesia, semua dilakukan melalui app methrash2 . Detail bagaimana cara install methrash2 sangat basic , saya tidak jelaskan lagi disini, intinya perlu nomor lokal qatar dan terdaftar QID anda sebagai pegawai (sponsor keluarga anda). Lanjut langsung bagaimana cara menggunakan methrash2 saat melalukan aplikasi visa residensial. Contoh kasus, pegawai (laki-laki), sudah ada di Qatar sudah memiliki QID ( company sponsored ) dan ingin membawa keluarga (istri dan anak). Di aplikasi methrash2 , pilih layanan visa, issue visa, family visit, centang visa family residency application . Isi data istri, dokumen yang dibutuhkan 1. Paspor asli 2. Buku nikah copy sudah di atestasi (atestasi pakai agen saja, gausah urus sendiri di Indonesia) 3. Salary certification dan/atau No Objection Confirmity (NoC) (keduanya dari perusahaa...

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

API Human Factor 2005

Saat anda mendesain suatu peralatan teknis yang memerlukan interface dengan operator. Seperti Panel, Control Station, HMI (Human Machine Interface), Push Button, Valve, anda harus mempertimbangkan human factor atau usernya. Jika peralatan tersebut dipasang di Asia atau di Eropa tentunya tinggi akses akan berbeda karena tinggi average atau rata-rata personel di area tersebut ditentukan oleh faktor genetika nya. Hadirlah API Human Factor menjadi guideline (tapi ini tentunya terbatas di US saja datanya, untuk asia silahkan di sesuaikan), bisa menggunakan data di bps.go.id melihat data statistik morfologi manusia khususnya di Indonesia.

Sharing dikit tentang instalasi AC dan Troubleshoot AC yang tidak dingin sama sekali, ter-vonis Kompresor?

 Jan 2021 Bukan teknisi AC dan bukan Ahli AC, cuma pemerhati teknis saja. Jadi saya sering mengamati bagaimana teknisi AC memasang dan service AC, dan sering tanya-tanya kenapa kok gini, kenapa gitu. Paling sering saya tanya posisi outdoor itu ada aturan ga. Jawabannya rata-rata sama, outdoor unit harus lebih rendah dari indoor   trus saya penasaran berapa jarak max min nya, karena saya orang teknis, harus angka pasti. Karena penasaran saya cari-cari sendiri. Saya kutip dari  id.sharp 1. Beda ketingginan ideal 30cm 2. Panjang ideal atau jarak 3-6meter antara indoor dan outdoor Kenapa outdoor harus lebih rendah dari indoor ? karena tipe kompresor AC itu oil injected, jadi oli dan freon di jalur yang sama, freon sirkulasi bersama oli, oli melumasi sudu-sudu kompresor supaya awet, jadi gesekan dan keausan bisa di kontrol (wear and tear). Dengan posisi outdoor lebih rendah, oli secara gravitasi akan selalu kembali ke outdoor unit, jadi kompresor tidak kering. Oh iya tamb...

Ganti Oli Matic Soluna 2001 Oli Castrol Dexron III - 7April2017

7 April 17 Hampir aja lupa ganti oli si Luna, nanti pengaruh ke performa lagi, mengingat umur si Luna yang tidak lagi belia hehehehe. KM170.000 harusnya udah ganti oli, ehh 173.000KM baru inget ganti gara-gara baru liat penanda oli. Meluncur ke bengkel Worner Matic di seputaran Bintaro, disamping Pasar Modern Bintaro. Sudah telpon dulu sebelumnya ke nomor yang ada di Google 0812-1015-018. Janji jam 1 siang untuk penggantian oli. Sebelum penggantian ada tanya jawab singkat dulu dengan sang pemilik bengkel, orangnya sangat informatif dan mengerti pemilihan oli matic untuk mobil - mobil, dari tahun 1990 - 2000, 2000-2010 , sampai dengan 2010-2017 (sekarang). Untuk Soluna disarankan menggunakan ATF seri Dex III (tiga). Luna masih belum CVT, masih matic konvensional. Dua macam merk oli ditawarkan 1. Prestone Multi-Vehicle Synthetic ATF Rp.85.000,- (harga tidak mengikat dan merupakan hak bengkel untuk menaikkan atau menurunkan) 2. Castrol ATF Dex III Harga Rp.80.000,- (harga...