10 Nov 2020
Guna mengisi waktu luang dan passion (halah) hobby bongkar pasang, tercetuslah ide, untuk coba rekondisi sepeda lipat, kenapa sepeda lipat? saya butuh sepeda yang cukup kecil yang bisa di masukkan kedalam bagasi mobil sedan.
Dari hasil browsing, ketemulah sepeda yang kondisi nya cukup menyedihkan, ini memang yang saya cari
Sepeda lipat ukuran ban 16, kondisi awal single speed, babak belur.
Semua dibeli secara online tidak ada kontak/ketemu dengan penjual
Kondisi awal
List kondisi awal
1. Rantai karat dan freewheel belakang berkarat
2. Crank berkarat 44T
3. As Crank Ogleg-ogleg (tidak center)
4. Jok Robek
1. Rantai karat dan freewheel belakang berkarat
2. Crank berkarat 44T
3. As Crank Ogleg-ogleg (tidak center)
4. Jok Robek
5. Sasis depan dan belakang tidak lurus
6. Velg Peang
Proses renggang sasis utk masukkan hub dan gear 6 speed |
Proses awal, di bongkar total dulu, dan sudah langsung coba crank baru Pacific 52T (masih pas)
Termasuk juga proses pe-renggang-an, sasis belakang yang tadinya sekitar 10-11 cm jadi 12.5-13cm, menggunakan dongkrak. untuk apa? untuk fitting ban belakang dan hub dengan gear 6speed
Oh iya khusus velg belakang saat ubah dari single ke 6-speed harus di bawa ke tukang stel velg karena model jari-jari jadi semacam payung.
Lanjut proses paint removal (amplas)
Lanjut modifikasi iseng yaitu pemasangan front block mounting di depan.
Tentunya saya bawa ke welder dekat rumah, welding itu sebuah pekerjaan yang menuntut konsistensi dan jam terbang, bisa kita coba-coba tapi kerapihannya akan beda jauh.
note: makanya certified welder kalau dia tidak melakukan pekerjaan welding misal setelah 6bulan, sertifikasinya bisa dianggap invalid (ini utk oil and gas)
Oh iya saat pemasangan front block, saya juga pasang ring untuk jalur kabel shifter (di las juga)
Per lapisan saya tunggu satu hari , karena nyantai
Lanjut di cat final coat, warna hitam doff
Lanjut assembling, rigging saya tidak punya stand perakitan sepeda, jadi pakai tie down strap dan di ikat ke frame atap rumah, lumayan membantu
Selesai
Spesifikasi
1. Crank Pacific 52T
2. Gear Belakang 6-Speed Shimano TZ
3. RD Shimano FT30A (short cage)
4. Rantai Taya Quick Release
5. Front block Pacific
6. Tas Front Block FY
7. Jok Pacific Tipe Per
8. Hand Pad Model Golok Turanza
9. Selongsong Kabel Shifter TRLREQ
10. Velg Maya 20Hole
Semua item diatas, ga banyak problem plug and play, kecuali item-item dibawah;
Pemasangan rantai taya lihat gambar dibawah, bagian lengkung ada didalam? kenapa? kalau saya boleh kasih hipotesis ini akan membantu proses up shift, saat rantai bergerak dari gear kecil ke besar, proses shifting akan lebih cepat.
Oke juga nih desain.
Pemotongan selongsong shifter TRLREQ, awalnya saya kira gampang, cuma pakai tang potong kawat (biasa buat potong kawat 1mm bisa), dipakai untuk potong kabel shifter ini gagal jadi keluar senjata pamungkas yaitu mesin gerinda potong.
Velg belakang, saya juga menyerah untuk stel sendiri, oper ke tukang stel, susah sekali untuk buat setelan model payung.
Catatan;
Baiknya untuk sepeda 16inch, crank depan jangan terlalu besar dan 52T menurut saya terlalu besar, bisa di limit di 44T, kenapa? karena saat ada di gigi 6 (terbesar) posisi rantai extreme crossing atau miring antara gear depan dan belakang. Tapi untuk kasus saya masih berfungsi untuk jalan biasa, belum saya tes untuk tanjakkan curam.
kl sepeda bmx apa bisa dimodif juga dari single speed?
BalasHapusharusnya bisa gan, ring berapa velg nya? tapi bmx kalau sering dipakai jumping2 kalau pakai gigi bakal pindah2 sendiri gan
BalasHapus