Langsung ke konten utama

[Isi Waktu saat Pandemi] Modifikasi Sepeda Lipat 16inch dari Single Speed Jadi 6-Speed (Multi)

 10 Nov 2020   

Guna mengisi waktu luang dan passion (halah) hobby bongkar pasang, tercetuslah ide, untuk coba rekondisi sepeda lipat, kenapa sepeda lipat? saya butuh sepeda yang cukup kecil yang bisa di masukkan kedalam bagasi mobil sedan.

Dari hasil browsing, ketemulah sepeda yang kondisi nya cukup menyedihkan, ini memang yang saya cari

Sepeda lipat ukuran ban 16, kondisi awal single speed, babak belur.

Semua dibeli secara online tidak ada kontak/ketemu dengan penjual


Kondisi awal



List kondisi awal
1. Rantai karat dan freewheel belakang berkarat
2. Crank berkarat 44T
3. As Crank Ogleg-ogleg (tidak center)
4. Jok Robek
5. Sasis depan dan belakang tidak lurus
6. Velg Peang



Proses renggang sasis utk masukkan hub dan gear 6 speed

Proses awal, di bongkar total dulu, dan sudah langsung coba crank baru Pacific 52T (masih pas)

Termasuk juga proses pe-renggang-an, sasis belakang yang tadinya sekitar 10-11 cm jadi 12.5-13cm, menggunakan dongkrak. untuk apa? untuk fitting ban belakang dan hub dengan gear 6speed

Oh iya khusus velg belakang saat ubah dari single ke 6-speed harus di bawa ke tukang stel velg karena model jari-jari jadi semacam payung.


Setelah selesai set dan fitting velg dan 6-speed gear.

Lanjut proses paint removal (amplas)




Lanjut modifikasi iseng yaitu pemasangan front block mounting di depan.
Tentunya saya bawa ke welder dekat rumah, welding itu sebuah pekerjaan yang menuntut konsistensi dan jam terbang, bisa kita coba-coba tapi kerapihannya akan beda jauh.

note: makanya certified welder kalau dia tidak melakukan pekerjaan welding misal setelah 6bulan, sertifikasinya bisa dianggap invalid (ini utk oil and gas)





Oh iya saat pemasangan front block, saya juga pasang ring untuk jalur kabel shifter (di las juga)

Selesai pekerjaan panas, lanjut pengecatan dasar atau primer.


Per lapisan saya tunggu satu hari , karena nyantai

Lanjut di cat final coat, warna hitam doff



Selesai final coat, di clear doff juga




Lanjut assembling, rigging saya tidak punya stand perakitan sepeda, jadi pakai tie down strap dan di ikat ke frame atap rumah, lumayan membantu




Hampir selesai tingal pasang rantai dan kabel shifter


Selesai



Spesifikasi
1. Crank Pacific 52T
2. Gear Belakang 6-Speed Shimano TZ
3. RD Shimano FT30A (short cage)
4. Rantai Taya Quick Release
5. Front block Pacific
6. Tas Front Block FY
7. Jok Pacific Tipe Per
8. Hand Pad Model Golok Turanza
9. Selongsong Kabel Shifter TRLREQ
10. Velg Maya 20Hole

Semua item diatas, ga banyak problem plug and play, kecuali item-item dibawah;

Pemasangan rantai taya lihat gambar dibawah, bagian lengkung ada didalam? kenapa? kalau saya boleh kasih hipotesis ini akan membantu proses up shift, saat rantai bergerak dari gear kecil ke besar, proses shifting akan lebih cepat.
Oke juga nih desain.

Pemotongan selongsong shifter TRLREQ, awalnya saya kira gampang, cuma pakai tang potong kawat (biasa buat potong kawat 1mm bisa), dipakai untuk potong kabel shifter ini gagal jadi keluar senjata pamungkas yaitu mesin gerinda potong.

Velg belakang, saya juga menyerah untuk stel sendiri, oper ke tukang stel, susah sekali untuk buat setelan model payung.

Full Video Dokumentasi




Catatan;
Baiknya untuk sepeda 16inch, crank depan jangan terlalu besar dan 52T menurut saya terlalu besar, bisa di limit di 44T, kenapa? karena saat ada di gigi 6 (terbesar) posisi rantai extreme crossing atau miring antara gear depan dan belakang. Tapi untuk kasus saya masih berfungsi untuk jalan biasa, belum saya tes untuk tanjakkan curam.

Komentar

  1. kl sepeda bmx apa bisa dimodif juga dari single speed?

    BalasHapus
  2. harusnya bisa gan, ring berapa velg nya? tapi bmx kalau sering dipakai jumping2 kalau pakai gigi bakal pindah2 sendiri gan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman mengurus Visa Residensial untuk Keluarga ke Qatar, tahap awal sebelum QID

 29 May 2024 Tujuan saya menulis ini, supaya, saya sendiri yang pelupa ini, tidak lupa, maka saya tuliskan. Pengurusan visa residency untuk family / keluarga ke Qatar dari Indonesia, semua dilakukan melalui app methrash2 . Detail bagaimana cara install methrash2 sangat basic , saya tidak jelaskan lagi disini, intinya perlu nomor lokal qatar dan terdaftar QID anda sebagai pegawai (sponsor keluarga anda). Lanjut langsung bagaimana cara menggunakan methrash2 saat melalukan aplikasi visa residensial. Contoh kasus, pegawai (laki-laki), sudah ada di Qatar sudah memiliki QID ( company sponsored ) dan ingin membawa keluarga (istri dan anak). Di aplikasi methrash2 , pilih layanan visa, issue visa, family visit, centang visa family residency application . Isi data istri, dokumen yang dibutuhkan 1. Paspor asli 2. Buku nikah copy sudah di atestasi (atestasi pakai agen saja, gausah urus sendiri di Indonesia) 3. Salary certification dan/atau No Objection Confirmity (NoC) (keduanya dari perusahaa...

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

API Human Factor 2005

Saat anda mendesain suatu peralatan teknis yang memerlukan interface dengan operator. Seperti Panel, Control Station, HMI (Human Machine Interface), Push Button, Valve, anda harus mempertimbangkan human factor atau usernya. Jika peralatan tersebut dipasang di Asia atau di Eropa tentunya tinggi akses akan berbeda karena tinggi average atau rata-rata personel di area tersebut ditentukan oleh faktor genetika nya. Hadirlah API Human Factor menjadi guideline (tapi ini tentunya terbatas di US saja datanya, untuk asia silahkan di sesuaikan), bisa menggunakan data di bps.go.id melihat data statistik morfologi manusia khususnya di Indonesia.

Sharing dikit tentang instalasi AC dan Troubleshoot AC yang tidak dingin sama sekali, ter-vonis Kompresor?

 Jan 2021 Bukan teknisi AC dan bukan Ahli AC, cuma pemerhati teknis saja. Jadi saya sering mengamati bagaimana teknisi AC memasang dan service AC, dan sering tanya-tanya kenapa kok gini, kenapa gitu. Paling sering saya tanya posisi outdoor itu ada aturan ga. Jawabannya rata-rata sama, outdoor unit harus lebih rendah dari indoor   trus saya penasaran berapa jarak max min nya, karena saya orang teknis, harus angka pasti. Karena penasaran saya cari-cari sendiri. Saya kutip dari  id.sharp 1. Beda ketingginan ideal 30cm 2. Panjang ideal atau jarak 3-6meter antara indoor dan outdoor Kenapa outdoor harus lebih rendah dari indoor ? karena tipe kompresor AC itu oil injected, jadi oli dan freon di jalur yang sama, freon sirkulasi bersama oli, oli melumasi sudu-sudu kompresor supaya awet, jadi gesekan dan keausan bisa di kontrol (wear and tear). Dengan posisi outdoor lebih rendah, oli secara gravitasi akan selalu kembali ke outdoor unit, jadi kompresor tidak kering. Oh iya tamb...

Ganti Oli Matic Soluna 2001 Oli Castrol Dexron III - 7April2017

7 April 17 Hampir aja lupa ganti oli si Luna, nanti pengaruh ke performa lagi, mengingat umur si Luna yang tidak lagi belia hehehehe. KM170.000 harusnya udah ganti oli, ehh 173.000KM baru inget ganti gara-gara baru liat penanda oli. Meluncur ke bengkel Worner Matic di seputaran Bintaro, disamping Pasar Modern Bintaro. Sudah telpon dulu sebelumnya ke nomor yang ada di Google 0812-1015-018. Janji jam 1 siang untuk penggantian oli. Sebelum penggantian ada tanya jawab singkat dulu dengan sang pemilik bengkel, orangnya sangat informatif dan mengerti pemilihan oli matic untuk mobil - mobil, dari tahun 1990 - 2000, 2000-2010 , sampai dengan 2010-2017 (sekarang). Untuk Soluna disarankan menggunakan ATF seri Dex III (tiga). Luna masih belum CVT, masih matic konvensional. Dua macam merk oli ditawarkan 1. Prestone Multi-Vehicle Synthetic ATF Rp.85.000,- (harga tidak mengikat dan merupakan hak bengkel untuk menaikkan atau menurunkan) 2. Castrol ATF Dex III Harga Rp.80.000,- (harga...