8 Agustus 2019
Ketika belok ke kanan, agak patah dan kecepatan sedang kira-kira 40-50km/jam, ada bunyi geluduk geluduk dari bagian depan mobil. Kejadian ini pasti terjadi saat di tikungan toll JORR
Disini tepatnya, karena di tikungan lain bunyi tidak terdengar.
Setelah diskusi dengan montir kaki-kaki langganan http://steeringmotor.blogspot.com/ , beliau mengatakan kalau belok ke kanan, berarti AS roda luar kiri yang sudah oblak.
AS Roda luar ini juga di sebut CV joint, singkatan dari Constant Velocity Joint.
Untuk Soluna jika part ori toyota cuma tersedia set, yaitu as roda luar, dalam, nyambung kiri-kanan, akibatnya harganya mahal.
Untung SOLUNA punya banyak alternatif part untuk penggantian.
Setelah browsing-browsing dan cek grup FB soluna, ada beberapa merk yang di sarankan, yaitu NKN, MTK, LKS. Yang paling di rekomen itu NKN, tapi ada tapinya, yang dus nya biru merah, karena masih produksi jepang, karena NKN dengan dus abu, itu produksi thailand. Haduh jadi ragu, harganya juga lebih tinggi dari MTK dan LKS, hampir 2x. Katanya sih lebih awet.
Daripada bingung saya cari yang lebih murah saja, yaitu LKS, set nya dapat lengkap, harga separunya NKN jepang.
Isinya termasuk, grease/gemuk, karet drive booth shaft, klem dan as roda, oh iya kiri dan kanan sama saja ya.
Mobil pun masuk ke bengkel http://steeringmotor.blogspot.com/ , saya tinggal pagi, sore nya sudah selesai.
Ukuran soluna A26 F23 O56, iseng saya hitung 26 itu jumlah gigi yang mana ternyata bagian as panjangnya.
Setelah pasang as roda tersebut masih ada yang harus di kerjakan yaitu spooring, karena center setir sudah lari beberapa derajat, dan setir lari ke kanan terus, biasa kalau habis mengerjakan kaki-kaki, PR terakhir memang spooring.
Selesai semua, tes mobil di tikungan JORR tempat biasa as roda bunyi, hasilnya, senyap, aman. Soluna ngebut lagi
Ketika belok ke kanan, agak patah dan kecepatan sedang kira-kira 40-50km/jam, ada bunyi geluduk geluduk dari bagian depan mobil. Kejadian ini pasti terjadi saat di tikungan toll JORR
Disini tepatnya, karena di tikungan lain bunyi tidak terdengar.
Setelah diskusi dengan montir kaki-kaki langganan http://steeringmotor.blogspot.com/ , beliau mengatakan kalau belok ke kanan, berarti AS roda luar kiri yang sudah oblak.
AS Roda luar ini juga di sebut CV joint, singkatan dari Constant Velocity Joint.
Untuk Soluna jika part ori toyota cuma tersedia set, yaitu as roda luar, dalam, nyambung kiri-kanan, akibatnya harganya mahal.
Untung SOLUNA punya banyak alternatif part untuk penggantian.
Setelah browsing-browsing dan cek grup FB soluna, ada beberapa merk yang di sarankan, yaitu NKN, MTK, LKS. Yang paling di rekomen itu NKN, tapi ada tapinya, yang dus nya biru merah, karena masih produksi jepang, karena NKN dengan dus abu, itu produksi thailand. Haduh jadi ragu, harganya juga lebih tinggi dari MTK dan LKS, hampir 2x. Katanya sih lebih awet.
Daripada bingung saya cari yang lebih murah saja, yaitu LKS, set nya dapat lengkap, harga separunya NKN jepang.
Isinya termasuk, grease/gemuk, karet drive booth shaft, klem dan as roda, oh iya kiri dan kanan sama saja ya.
Mobil pun masuk ke bengkel http://steeringmotor.blogspot.com/ , saya tinggal pagi, sore nya sudah selesai.
Ukuran soluna A26 F23 O56, iseng saya hitung 26 itu jumlah gigi yang mana ternyata bagian as panjangnya.
Setelah pasang as roda tersebut masih ada yang harus di kerjakan yaitu spooring, karena center setir sudah lari beberapa derajat, dan setir lari ke kanan terus, biasa kalau habis mengerjakan kaki-kaki, PR terakhir memang spooring.
Selesai semua, tes mobil di tikungan JORR tempat biasa as roda bunyi, hasilnya, senyap, aman. Soluna ngebut lagi
Komentar
Posting Komentar