Langsung ke konten utama

Podium 3 Underbone 4T NonPlus di Seri-3 D Event 6 Mei 2018 Sentul International Karting Circuit

Minggu pagi sekitar jam 7 saya baru sampai di sirkuit, R-Flamboyan Racing Family sudah sampai jam 6 pagi.

Paddock dan motor sudah tertata rapih.
Dijadwalkan sesi free practice pertama jam 7 pagi, untuk kelas Bebek atau Underbone ada di urutan kedua.


Pada seri kali ini free practice dilakukan 4 kali, yang biasanya hanya 3 kali saja, masing-masing tiap sesi selama 15 menit.
Saya manfaatkan maksimal kesempatan ini, karena memang karena keterbatasan waktu berhubung saya bekerja office hour. Jadi tidak bisa latihan saat weekdays.
Sesi 1 cukup aman dilakukan karena belum banyak peserta yang masuk ke sirkuit, saya dapat bestime sekitar 1:08, jauh dari time optimal saya. Faktor-faktor yang berpengaruh karena belum tune in dengan motor dan sirkuit juga agak lembab, dan di beberapa tikungan, di dekat gravel air masih ada.

Sesi 2 bisa melahap 6 laps, best time meningkat, menjadi 1:06.

Sesi 3, keadaan cukup ramai, saya hanya menjalani 3laps saja, best time memburuk di angka 1:07.

Sesi 4, sudah sangat ramai, saya hanya punya satu kesempatan melakukan clean lap, selain itu selalu di terhalang oleh peserta lain, best time makin buruk di angka 1:08.

Jam 9 sesi Free Practice untuk semua kelas selesai.

Kelas yang saya ikuti Underbone 4T nonplus, dijadwalkan jam 9.30, atau sesi balap yang kedua setelah kelas All Matic.

Keberuntungan masih milik saya, dapat grid start secara random di grid ke 3, posisi paling dalam, dari tikungan pertama kekanan.

Dari mulai start saya langsung melejit di posisi 1, tapi ditikungan kedua langsung diambil alih oleh posisi 2. Di lap ke-2 saya ada trouble sedikit, miss gear, posisi saya di rebut lagi dan saya di posisi ke-3. Tidak lama posisi ke-4 mengejar saya dan mengambil alih, masih karena miss gear dan memang secara data best time saya kurang baik dari 3 pesaing saya.

Tapi harapan masih ada, rival didepan saya high side ditikungan pertama di lap-3, kepercayaan dirinya mulai kendur dan saya bisa mendekat, benar saja di R-10 atau tikungan 10 di lap 3, rival saya di depan mengalami engine problem parah, mesinnya macet alias jammed, dia terjatuh cukup parah.
Sedikit cuplikan saat kejadian



Lap ke-4 sempat ada perlawanan dari rival dibelakang saya, tapi masih bisa saya cover. Last lap saya jalani tanpa masalah dan berhasil finish di posisi 3.



Terimakasih kepada semua orang yang ikut membantu dan support.
Kepada R-Flamboyan Racing Family, Bang Ale, Bang Udjie, Opa.
Yang menyediakan motor yang kompetitif dan reliable alias daya tahan tinggi. Sudah  1 tahun lebih dan jika tidak salah hitung sudah ikut event 6 seri alias 6 kali balapan tanpa ada komponen utama yang di ganti, cylinder head, cylinder blok, piston ring piston, semua masih seperti saat pertama mesin naik di April 2017. LUAR BIASAAA!!!

Tanpa kalian saya mungkin tidak akan pernah menikmati naik podium di Sentul International Karting Circuit.

Investasi mesin itu sangat penting, gunakan part yang berkualitas, memang benar akan lebih mahal di awal, tapi jika dihitung jangka panjang, justru lebih hemat, apalagi di dukung mekanik yang mengerti betul cara set barang berkualitas tersebut, ini sudah terbukti sekali di motor saya sendiri, nol zero 0 trouble di bagian mesin.

Bayangkan jika anda mengikuti 6 seri dan 6 seri tersebut anda harus ganti part utama orisinil seperti piston ring piston, cash flow anda bisa jebol.

Saya sudah melihat sendiri team team lain yang coba menghemat, hasilnya, mesin mereka tidak reliable, saat race motor keluar asap di lap-lap akhir. Yang paling kasihan pembalap nya kalau sampai crash karena mesin yang jebol.

Terimakasih juga kepada sponsor
muslimapp.id

Penonton yang memadati sirkuit lebih banyak dari biasanya, kemungkinan dikarenakan ini race terakhir sebelum bulan ramadhan tiba.


Video editing hasil kreatif dibawah, for fun only ya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman mengurus Visa Residensial untuk Keluarga ke Qatar, tahap awal sebelum QID

 29 May 2024 Tujuan saya menulis ini, supaya, saya sendiri yang pelupa ini, tidak lupa, maka saya tuliskan. Pengurusan visa residency untuk family / keluarga ke Qatar dari Indonesia, semua dilakukan melalui app methrash2 . Detail bagaimana cara install methrash2 sangat basic , saya tidak jelaskan lagi disini, intinya perlu nomor lokal qatar dan terdaftar QID anda sebagai pegawai (sponsor keluarga anda). Lanjut langsung bagaimana cara menggunakan methrash2 saat melalukan aplikasi visa residensial. Contoh kasus, pegawai (laki-laki), sudah ada di Qatar sudah memiliki QID ( company sponsored ) dan ingin membawa keluarga (istri dan anak). Di aplikasi methrash2 , pilih layanan visa, issue visa, family visit, centang visa family residency application . Isi data istri, dokumen yang dibutuhkan 1. Paspor asli 2. Buku nikah copy sudah di atestasi (atestasi pakai agen saja, gausah urus sendiri di Indonesia) 3. Salary certification dan/atau No Objection Confirmity (NoC) (keduanya dari perusahaa...

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Ganti Oli Matic Soluna 2001 Oli Castrol Dexron III - 7April2017

7 April 17 Hampir aja lupa ganti oli si Luna, nanti pengaruh ke performa lagi, mengingat umur si Luna yang tidak lagi belia hehehehe. KM170.000 harusnya udah ganti oli, ehh 173.000KM baru inget ganti gara-gara baru liat penanda oli. Meluncur ke bengkel Worner Matic di seputaran Bintaro, disamping Pasar Modern Bintaro. Sudah telpon dulu sebelumnya ke nomor yang ada di Google 0812-1015-018. Janji jam 1 siang untuk penggantian oli. Sebelum penggantian ada tanya jawab singkat dulu dengan sang pemilik bengkel, orangnya sangat informatif dan mengerti pemilihan oli matic untuk mobil - mobil, dari tahun 1990 - 2000, 2000-2010 , sampai dengan 2010-2017 (sekarang). Untuk Soluna disarankan menggunakan ATF seri Dex III (tiga). Luna masih belum CVT, masih matic konvensional. Dua macam merk oli ditawarkan 1. Prestone Multi-Vehicle Synthetic ATF Rp.85.000,- (harga tidak mengikat dan merupakan hak bengkel untuk menaikkan atau menurunkan) 2. Castrol ATF Dex III Harga Rp.80.000,- (harga...

API Human Factor 2005

Saat anda mendesain suatu peralatan teknis yang memerlukan interface dengan operator. Seperti Panel, Control Station, HMI (Human Machine Interface), Push Button, Valve, anda harus mempertimbangkan human factor atau usernya. Jika peralatan tersebut dipasang di Asia atau di Eropa tentunya tinggi akses akan berbeda karena tinggi average atau rata-rata personel di area tersebut ditentukan oleh faktor genetika nya. Hadirlah API Human Factor menjadi guideline (tapi ini tentunya terbatas di US saja datanya, untuk asia silahkan di sesuaikan), bisa menggunakan data di bps.go.id melihat data statistik morfologi manusia khususnya di Indonesia.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...