Langsung ke konten utama

Podium 2, Seri-1 D'Event 2018 Sirkuit Sentul, Underbone 4tak, Non Plus


 Minggu, 11 Februari 2018

Ikut berpartisipasi pada ajang D' Event Fun Race Seri-1 - 2018 di Sirkuit Permanen, Sentul Karting atau Sentul Kecil.

Minggu ini cukup sibuk, karena di hari sabtu saya mengikuti tes bahasa inggris IELTS yang baru selesai sore menjelang maghrib. Kondisi fisik tidak fit 100% karena batuk, dan radang tenggorokan. Di perparah karena di porsir untuk tes bahasa inggris IELTS, malah jadi flu, sendi pinggang sakit sampai tidak bisa di tekuk. Panik karena esok hari, di hari minggu sudah daftar untuk balap motor, serta crew R-Flamboyan Racing Team, terutama Chief Mekanik, Bang Ale yang sudah mempersiapkan motor dengan baik.


Cukup memaksakan diri untuk tetap ikut karena tidak mau team kecewa, ditopang vitamin C dan obat batuk, pagi hari ditemani istri berangkat ke Sirkuit Sentul. Padahal malam hari nya tidak cukup tidur karena terganggu batuk yang bisa tiba-tiba membuat terbangun.

Sampai sirkuit sesi Latihan Bebas-1 sudah berlangsung, tidak tergesa-gesa, bersiap memakai wearpack, stretching sebentar. Cek secara cepat saja kondisi motor Yamaha Jupiter Z saya.

Latihan Bebas Sesi-1 selesai, saya tidak bisa bergabung, jadi harus menunggu giliran. Kondisi trek agak basah karena hujan.

Baru ikut bergabung di Latihan Bebas Sesi-2, masuk trek dengan kondisi trek setengah basah, membukukan 2-Lap dengan best time 1:08 (diukur dengan aplikasi RaceChrono), ada yang tidak beres dengan kondisi rem depan. Keluar track, kembali ke paddock R-Flamboyan Racing Team.

Di cek oleh Mekanik Bang Udjie dan Bang Phei, ternyata karena kampas rem masih baru jadi tidak ada cengkraman ke piringan cakram. Kedua mekanik kerja sangat cepat, kampas rem yang masih panas langsung di lepas dan di amplas, 5 menit, ya cuma 5 menit, sudah terangkai kembali dan saya memasuki track lagi, luar biasa memang kerja kedua mekanik ini. Selesai 6 Lap, best time tidak bergeming 1:08, cukup buruk, mengingat saya dan motor ini pernah membukukan 1:05...

Istirahat dan menunggu giliran untuk Latihan Bebas Sesi-3

Di sesi-3, kondisi trek lumayan kering, karena sesi terakhir, lebih ramai, dan bercampur dengan pembalap seeded. Latihan sesi terakhir bisa di bilang yang paling rusuh, banyak yang crash, dan celakanya di R-7 ada oli yang bercecer. 4 Lap saja saya lakukan, best time membaik 1:07.

Kira-kira jam 9, sesi latihan sudah selesai, Race saya di perkirakan jam 11. ini dia saat yang paling saya sukai, yaitu ngobrol-ngobrol dengan team sambil sarapan. Karena suasana santai, team ada beberapa yang bawa anak nya, jadi lebih seperti suasana piknik ketimbang balapan yang mencekam dan aura serius. Kondisi seperti ini menurut saya baik sekali untuk pembalap, karena mental yang baik dan suasana senang itu lebih bagus daripada kondisi mental tertekan. Ini akan pengaruh sekali dengan jalannya balapan nanti.

Disamping kondisi paddock yang happy, juga kondisi motor yang 100% fit, hampir semua race motor-motor yang dibuat R-Flamboyan tidak mengalami trouble, dan percaya atau tidak ada motor jupiter Z yang dipakai balap, sudah 2-tahun tidak pernah jebol atau harus ganti part yang berarti. Awetttt.

Race time, 11 starter, saya start di posisi ke 7, dikelas Bebek 4Tak, Non Plus, dikelas ini saya ditemani 2 rekan satu team, Bang Fadly dan Tiar. Jumlah Lap yang harus ditempuh 5 laps.
Lepas start saya langsung ke posisi 6. Di lap 3 berhasil ke posisi 3, sayangnya Tiar yang di posisi-1 terjatuh karena ceceran oli di tikungan ke - 7, saya dan fadly beriringan di posisi 3 dan 4. Saya duel cukup sengit dengan pembalap di posisi ke-2. Secara kecepatan, motor saya jauh lebih baik dari posisi-2, tetapi gaya balap si posisi-2 ini berbahaya, dan nekat, karena masih muda sepertinya, saya dan dia bergantian menduduki posisi-2.
Hingga di lap ke 4, di tikungan 12 dari 14 tikungan di Sirkuit Sentul, rival saya ini melakukan kesalahan. Saya sudah posisi didepannya dan masuk ke tikungan dari luar ke dalam, dia memaksakan untuk late braking dan berbenturan dengan saya, karena posisi dia didalam, dia tidak bisa berkutik dan terjatuh. Hasil race saya menduduki podium 2 dan Fadly rekan satu team saya di posisi 3.

Cuplikan balap onboard dari helmet camera saya ada dibawah.



Congrats R-Flamboyan Racing Team. 



#Roadrace #Jupiter #Yamaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman mengurus Visa Residensial untuk Keluarga ke Qatar, tahap awal sebelum QID

 29 May 2024 Tujuan saya menulis ini, supaya, saya sendiri yang pelupa ini, tidak lupa, maka saya tuliskan. Pengurusan visa residency untuk family / keluarga ke Qatar dari Indonesia, semua dilakukan melalui app methrash2 . Detail bagaimana cara install methrash2 sangat basic , saya tidak jelaskan lagi disini, intinya perlu nomor lokal qatar dan terdaftar QID anda sebagai pegawai (sponsor keluarga anda). Lanjut langsung bagaimana cara menggunakan methrash2 saat melalukan aplikasi visa residensial. Contoh kasus, pegawai (laki-laki), sudah ada di Qatar sudah memiliki QID ( company sponsored ) dan ingin membawa keluarga (istri dan anak). Di aplikasi methrash2 , pilih layanan visa, issue visa, family visit, centang visa family residency application . Isi data istri, dokumen yang dibutuhkan 1. Paspor asli 2. Buku nikah copy sudah di atestasi (atestasi pakai agen saja, gausah urus sendiri di Indonesia) 3. Salary certification dan/atau No Objection Confirmity (NoC) (keduanya dari perusahaa...

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Ganti Oli Matic Soluna 2001 Oli Castrol Dexron III - 7April2017

7 April 17 Hampir aja lupa ganti oli si Luna, nanti pengaruh ke performa lagi, mengingat umur si Luna yang tidak lagi belia hehehehe. KM170.000 harusnya udah ganti oli, ehh 173.000KM baru inget ganti gara-gara baru liat penanda oli. Meluncur ke bengkel Worner Matic di seputaran Bintaro, disamping Pasar Modern Bintaro. Sudah telpon dulu sebelumnya ke nomor yang ada di Google 0812-1015-018. Janji jam 1 siang untuk penggantian oli. Sebelum penggantian ada tanya jawab singkat dulu dengan sang pemilik bengkel, orangnya sangat informatif dan mengerti pemilihan oli matic untuk mobil - mobil, dari tahun 1990 - 2000, 2000-2010 , sampai dengan 2010-2017 (sekarang). Untuk Soluna disarankan menggunakan ATF seri Dex III (tiga). Luna masih belum CVT, masih matic konvensional. Dua macam merk oli ditawarkan 1. Prestone Multi-Vehicle Synthetic ATF Rp.85.000,- (harga tidak mengikat dan merupakan hak bengkel untuk menaikkan atau menurunkan) 2. Castrol ATF Dex III Harga Rp.80.000,- (harga...

API Human Factor 2005

Saat anda mendesain suatu peralatan teknis yang memerlukan interface dengan operator. Seperti Panel, Control Station, HMI (Human Machine Interface), Push Button, Valve, anda harus mempertimbangkan human factor atau usernya. Jika peralatan tersebut dipasang di Asia atau di Eropa tentunya tinggi akses akan berbeda karena tinggi average atau rata-rata personel di area tersebut ditentukan oleh faktor genetika nya. Hadirlah API Human Factor menjadi guideline (tapi ini tentunya terbatas di US saja datanya, untuk asia silahkan di sesuaikan), bisa menggunakan data di bps.go.id melihat data statistik morfologi manusia khususnya di Indonesia.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...