Langsung ke konten utama

Share: Solved Bunyi Di Bagian Kaki - kaki Depan Kanan Soluna

15 November 14,
Setelah sebelumnya saya sudah memperbaiki kaki - kaki si Luna, tapi belum puas juga, karena masih ada bunyi yang cukup mengganggu dari bagian bawah kanan tepatnya di bawah kaki pengemudi saat melewati jalan yang tidak rata atau terkadang saat mobil dari posisi stop n go saat di lampu merah.

Cukup menjengkelkan mengingat sebelumya saya sudah mengganti balljoint (kiri kanan), tie-rod(kanan)shockbreaker, dan beberapa part kaki - kaki lain.

Setelah mendapatkan analisa dari Auto2000, dan konfirm bahwa karet lower arm yang sudah rusak, dan jika melakukan penggantian di Auto2000, harga partnya saja adalah Rp.2.500.000,- satu buah, wow, karena di Auto2000 part yang dijual merupakan assy atau assembly unit, maka wajar harganya setinggi itu.

Lower Arm Kiri Soluna (Kepak) 

Singkat cerita karena minggu sebelumnya saya sudah coba ke Bengkel Spesialis Kaki - Kaki Haji Lili tetapi penuh, akhirnya sehari sebelum kesana tepatnya hari jum'at saya tanyakan dulu apakah hari sabtu pagi antrian pelanggan masih ada....alhamdulillah lagi sepi...

Jam 7.45 saya sampai di bengkel haji lilik, di daerah radio dalam (google maps) pintu gerbang bengkel sudah buka, para teknisi juga sudah ada, dan pada sibuk memandikan burung peliharaan mereka hahaha...saya disuruh menunggu Pak Wawan(kepala bengkel) karena yang bersangkutan belum datang. Selisih 20 menit dari saya datang, masuk mobil mercy saya kurang hapal seri apa. 
Suasana bengkel Jam 7.45 - kosong -


Jam 8.45 akhirnya yang ditunggu - tunggu datang, Saya langsung menyampaikan keluhan yaitu karet lower arm (ada yang menyebut bagian ini "kepak") yang sudah rusak, dan Pak Wawan memerintah teknisinya untuk bekerja. Datang lagi pelanggan mobil peugeot tipe minibus

Jam 9.00, Dikerjakan 4 orang, dalam 15 menit lower arm kiri dan kanan sudah berhasil dilepas... cukup cepat juga kerjanya. Datang pelanggan lagi Honda Stream.
Soluna lagi di bongkar



Soluna Bongkar Lower Arm Kiri

Lower arm kanan sudah terlepas

Ada tambahan dari pekerjaan yaitu tie rod sebelah kiri ternyata sudah lemah, dan di bengkel ini bisa di service dengan biaya Rp.100.000,- dengan garansi 1 tahun, iseng Saya mengiyakan dan mau membandingkan daya tahan tie-rod kanan (orisinal toyota seharga 200rb) dengan hasil service dari bengkel Mang Lili

Lower Arm kanan yang karetnya sudah lepas dari tepatnya (akar masalah bunyi - bunyian gludak gluduk)

Jam 9.45 Lower Arm kiri dan kanan karet nya sudah selesai dan rapih terpasang, beserta tie - rod kiri.

Jam 10.00 Semua sudah terpasang seperti semula

Lanjut saya bawa ke tempat spooring ban (Station One) Lebak Bulus karena setting berubah akibat tie rod yang di bongkar.

Jam 11.00 semua pekerjaan selesai

Rincian Biaya
Karet Lower Arm Rp.150.000,- / buah x 2
Service Tie Rod Rp.100.000,- sebelah kiri
Jasa bongkar Rp.300.000,-

Spooring Rp.150.000,-

Masukan (akan dilakukan nanti alias PR)
Long Tie Rod sudah mulai lemah tetapi belum parah
Harga long Tie - Rod Rp.175.000,- / buah
Ongkos Bongkar Pasang Rp.150.000,-

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman mengurus Visa Residensial untuk Keluarga ke Qatar, tahap awal sebelum QID

 29 May 2024 Tujuan saya menulis ini, supaya, saya sendiri yang pelupa ini, tidak lupa, maka saya tuliskan. Pengurusan visa residency untuk family / keluarga ke Qatar dari Indonesia, semua dilakukan melalui app methrash2 . Detail bagaimana cara install methrash2 sangat basic , saya tidak jelaskan lagi disini, intinya perlu nomor lokal qatar dan terdaftar QID anda sebagai pegawai (sponsor keluarga anda). Lanjut langsung bagaimana cara menggunakan methrash2 saat melalukan aplikasi visa residensial. Contoh kasus, pegawai (laki-laki), sudah ada di Qatar sudah memiliki QID ( company sponsored ) dan ingin membawa keluarga (istri dan anak). Di aplikasi methrash2 , pilih layanan visa, issue visa, family visit, centang visa family residency application . Isi data istri, dokumen yang dibutuhkan 1. Paspor asli 2. Buku nikah copy sudah di atestasi (atestasi pakai agen saja, gausah urus sendiri di Indonesia) 3. Salary certification dan/atau No Objection Confirmity (NoC) (keduanya dari perusahaa...

Catatan Noob Dad : Denver II Test Perkembangan Kemampuan Motorik, Bahasa, Sosial

Kalau Denver II ini guidance ilmiah, di umur berapa kita expect anak kita melakukan apa. Ya selaen kata orang tua, ini dia guidance nya, dan ga perlu di banding-bandingkan dengan anak tetangga. Karena test ini pun ada persentase nya.

Ganti Oli Matic Soluna 2001 Oli Castrol Dexron III - 7April2017

7 April 17 Hampir aja lupa ganti oli si Luna, nanti pengaruh ke performa lagi, mengingat umur si Luna yang tidak lagi belia hehehehe. KM170.000 harusnya udah ganti oli, ehh 173.000KM baru inget ganti gara-gara baru liat penanda oli. Meluncur ke bengkel Worner Matic di seputaran Bintaro, disamping Pasar Modern Bintaro. Sudah telpon dulu sebelumnya ke nomor yang ada di Google 0812-1015-018. Janji jam 1 siang untuk penggantian oli. Sebelum penggantian ada tanya jawab singkat dulu dengan sang pemilik bengkel, orangnya sangat informatif dan mengerti pemilihan oli matic untuk mobil - mobil, dari tahun 1990 - 2000, 2000-2010 , sampai dengan 2010-2017 (sekarang). Untuk Soluna disarankan menggunakan ATF seri Dex III (tiga). Luna masih belum CVT, masih matic konvensional. Dua macam merk oli ditawarkan 1. Prestone Multi-Vehicle Synthetic ATF Rp.85.000,- (harga tidak mengikat dan merupakan hak bengkel untuk menaikkan atau menurunkan) 2. Castrol ATF Dex III Harga Rp.80.000,- (harga...

API Human Factor 2005

Saat anda mendesain suatu peralatan teknis yang memerlukan interface dengan operator. Seperti Panel, Control Station, HMI (Human Machine Interface), Push Button, Valve, anda harus mempertimbangkan human factor atau usernya. Jika peralatan tersebut dipasang di Asia atau di Eropa tentunya tinggi akses akan berbeda karena tinggi average atau rata-rata personel di area tersebut ditentukan oleh faktor genetika nya. Hadirlah API Human Factor menjadi guideline (tapi ini tentunya terbatas di US saja datanya, untuk asia silahkan di sesuaikan), bisa menggunakan data di bps.go.id melihat data statistik morfologi manusia khususnya di Indonesia.

Substitusi Tutup Arm Supertrack RX-King dengan Vixion

RX King 2001 pakai swing arm supertrack, saat jalan, tutup arm sebelah kiri lepas, karena getaran dan baut (sialnya hanya satu) lambat laun mengendur. Sial nya lagi saat itu saya tidak sadar, jadi hilang lah tutup arm sebelah kiri. Kesalahan saya yang lain adalah, lupa memasang baut double di setelan rantai RX King Supertrack saya, harusnya jika double, baut tidak akan mudah terputar. Saya coba cari apakah ada yang jual tutup arm persis atau produk sparepart supertrack, ternyata sangat sulit, yang tersedia hanya penjualan satu set swing arm, masa iya, hilang tutup arm saja, saya harus beli satu set. Setelah cari-cari dan membandingkan ternyata dimensi tutup arm supertrack RX king hampir sama dengan tutup arm Yamaha New Vixion kode part 1PA-F2174-00. Tes pasang, pas. Bagi teman-teman pengguna RX-King, jika mengalami hal yang sama, bisa jadi opsi, ganti ke tutup New Vixion. Seperti gambar dibawah, perbandingan dimensi tutup arm supertrack dan tutup arm Yamaha  New   ...